Macam-macam Elemen aplikasi ms.word beserta penjelasannya

  Assalamualaikum wr.wb

Selamat Datang di TIK_online , kali ini saya akan membagikan Macam Elemen Microsoft word . Mari kita simak penjelasan berikut ini.





Elemen dasar pengolah kata pada Microsoft Word menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga memiliki gambar yang menjadi simbolnya sehingga mudah untuk mengoperasikannya, seperti terlihat pada gambar berikut ini!

Gambar 1


1. Baris Judul
Pada bagian Baris Judul, dapat kamu lihat nama file yang sedang dibuka, jika kamu belum menyimpan dan memberi nama pada file yang dibuka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya secara otomatis, seperti pada gambar di atas .





2. Menu Bar
Menu Bar berisi daftar menu yang dapat kamu gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menunya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya.

Menu bar terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help, seperti pada gambar 1 . 
Cara mengoperasikan menu-menu tersebut yaitu dapat kamu pilih dengan cara mengklik nama menu atau dengan tombol Alternate (ALT) + huruf yang bergaris bawah pada menu secara bersamaan.






a. Menu File

Mengaktifkan Menu File dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + F (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menu File
Pada gambar di atas tampak bahwa: menu file terdiri dari New, Open, Close, Save, Save As, Save as Web Page, File Search, Permission, Versions, Web Page Preview Page Setup, Print Preview, Print, Send To, Properties, dan Exit. Menu file berfungsi untuk mengelola data-data yang akan dan sedang dibuat seperti untuk mengatur ukuran kertas, mengatur penyimpanan file, dan mencetak dokumen.





b. Menu Edit

Mengaktifkan Menu Edit dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + E (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di berikut ini.
Menu Edit

Tampak pada gambar di atas bahwa Menu Edit terdiri perintah￾perintah antara lain Undo, Repeat, Cut, Copy, Paste, Find, Replace, dan Go To. Menu edit tersebut berisi tentang perintah-perintah untuk menyunting isi file yang dibuat.






c. Menu View

Menu View yang pokok terdiri dari Normal, Print Layout, Reading Layout, Outline, Toolbars, dan Headerand Footer. Menu ini digunakan untuk menentukan mode tampilan word saat bekerja dengan microsolf word, Mengaktifkan Menu View dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + V (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menu View







d. Menu Insert

Pada gambar di atas tampak bahwa: Menu Insert yang pokok terdiri dari Break, Page Number, Date and Time, Symbol, Reference, dan Picture. Menu Insert tersebut berfungsi untuk menyisipkan objek gambar, diagram atau fitur-fitur tertentu dalam dokumen. Mengaktifkan Menu Insert dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + I (tekan secara bersamaan) maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Menu Insert






e. Menu Format

Menu Format yang pokok terdiri dari Font, Paragraph, Bullets and Numbering, Columns, Tabs, Drop Cap, Change Case dan Styles and Formatting. Menu format tersebut digunakan untuk memformat dokumen, seperti mengatur ukuran huruf, warna huruf, warna dokumen, dan beberapa fungsi yang lain.
Mengaktifkan Menu Format dengan cara mengklik menu tersebutatau dengan menekan tombol ALT + O (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menu Format










f. Menu Tools

Menu Tools berguna untuk
membantu mengolah dokumen, seperti spilling untuk memeriksa ejaan, language untuk translate, compare and merger untuk membandingkan dan menggabungkan dua dokumen, dan masih banyak kegunaan yang lainnya.
Mengaktifkan Menu Tools dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + T (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.
Menu tools






g. Menu Table

Menu Table terdiri dari Draw Table, Insert, Delete, Select, Merge Cells, Split Cells, Split Table, dan beberapa perintah lainnya. Menu Table tersebut digunakan untuk memasukan tabel ke dalam dokumen serta berfungsi untuk pengaturan tabel tersebut.
Mengaktifkan Menu Table dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + A (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menu Table







h. Menu Windows

Menu Window terdiri dari New Windows, Arrange All dan beberapa perintah yang lainnya. Menu Windows tersebut digunakan untuk mengatur tampilan jendela microsoft word.
Mengaktifkan Menu Windows dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT + W (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.
Menu Window






i. Menu Help

berisi fasilitas bantuan program aplikasi Microsoft Word, seperti tampak pada gambar di atas. Menu Bar ini akan diperdalam pembahasannya pada Bab II Mengunakan Menu Ikon Pokok Pengolah Kata. Ikutilah pembahasannya Mengaktifkan Menu Help dengan cara mengklik menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+H (tekan secara bersamaan) maka akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menu Help







3. Toolbar

Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana berupa ikon yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut. Untuk mengetahui nama dari ikon-ikon pada Micrsoft Word dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada ikon yang dituju ,tunggu sesaat sehingga tampil nama dari ikon tersebut. Bila kamu arahkan pointer mouse pada ikon yang bergambar printer, maka akan keluar

informasi nama dari ikon tersebut. Beberapa jenis Toolbar diantaranya: Standard Toolbar dan Formatting Toolbar, perhatikanlah pembahasan berikut ini!


Tabel standar Toolbar





Tabel Formating toolbar





4. Ruler 

Ruler, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja. Seperti batas kiri, kanan, ataupun paragraph. 
Ruler ini dapat diatur ukurannya, apakah centimeter, inchi,millimeter, points atau pica. Untuk menentukan ukuran ini dapat dilakukan dengan cara : Klik menu Tools, lalu klik Options pada kotak dialog, klik general pada kotak pilihan measurement units, tentukan jenis pengukuran yang diinginkan, lalu klik OK.





5. Scrollbar

Scrollbar, berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.




6. Tombol kontrol jendela

Tombol Kontrol jendela terdiri dari:

  •  Minimize, untuk mengubah ukuran jendela program keukuran minimal sehingga menjadi sebuah ikon di bagian Task bar.
  • Restore, untuk mengembalikan jendela program ke ukuran semula atau sebelumnya.
  • Close, untuk menutup program aktif
  • Maximize, untuk mengubah ukuran jendela program ke ukuran maksimal sehingga memenuhi tampilan layer monitor.





7. Lembar kerja

Lembar Kerja berfungsi untuk menampilkan tampilan subformat yang diberikan, seperti membuka dokumen baru, membuat surat, menyisipkan gambar dan sebagainya




8. Status Bar (baris status)

Baris Status yaitu bagian yang berisikan informasi tentang nomor halaman, Section, Posisi Insertion point, dan tombol pengendali.
Tabel status Bar 








Demikian artikel di atas , semoga bisa bermanfaat bagi pembaca . Ikuti terus TIK_online agar dapat mendapatkan berbagai informasi teknologi .

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar